10 Cara Memilih Powerbank Yang Tepat

24 April 2020 - Kategori Blog

Hippo Ilo D1

Di era teknologi dan internet saat ini, penggunaan ponsel / handphone sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian besar orang entah untuk melihat notifikasi pesan, e-mail, menonton youtube, main game atau sekedar berselancar di dunia maya.

Karena intensitas penggunaan handphone yang begitu tinggi sementara kapasitas batray handphone yang terbatas, disitulah fungsi powerbank hadir sebagai solusi menghindari kehabisa daya batray handphone.

Namun jika kamu berencana untuk membeli powerbank banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar tidak salah dalam membeli atau bahkan bisa merusak handphone kamu.

 

Berikut 10 tips untuk kamu dalam memilih powerbank:

1. Sesuaikan Powerbank dengan Kapasitas Batray Handphone

Yang pertama patut diperhatikan adalah kapasitas batray handphone kamu, lalu sesuaikan dengan kapasitas daya dari powerbank yang akan dibeli. Disarankan pilihlah powerbank yang memiliki kapasitas daya batraynya dua kali lipat dari kapasitas handphone/ponselmu. Hal ini bertujuan agar ponsel kamu bisa terisi penuh kembali dan di powerbank masih ada tersisa daya untuk pemakaian berikutnya.

 

2. Samakan Nilai Arus Powerbank dengan Arus Handphone

Cek terlebih dahulu besar arus powerbank yang akan dibeli, lalu samakan dengan arus ponselmu. Hal ini bertujuan agar pengisian batray ponsel bisa berjalan normal. Penyamaan arus ini bertujuan agar umur batray handphone mu bisa awet. Kamu bisa melihat nilai arus pada kemasan powerbank dan kardus ponsel atau biasanya terdapat pada keterangan kepala charger.

 

3. Jangan Terkecoh dengan Harga

“Harga mahal = kualitasnya bagus.”
“Harga murah = kualitasnya dipertanyakan.”

Pernyataan tersebut seringnya memang begitu adanya. Tapi baiknya tetap waspada jangan mudah tertipu dengan harga. Ingat selalu ada harga, ada kualitas. Ketika kamu mendapat penawaran powerbank berkapasitas besar harga murah jangan langsung membelinya. Karena bisa jadi itu produk kw alias palsu. Ada baiknya kamu cek dulu harga pasaran dan kualitas powerbank yang kamu butuhkan.

 

4. Pilih Powerbank dengan Merk Original

Ada banyak merek powerbank yang beredar di pasaran saat ini. Pastikan kamu memilih merek yang sudah terpercaya seperti Xiaomi, Samsung, Asus, Sony atau Vivan. Dengan memilih merek yang sudah ternama dan terjamin keasliaanya maka sudah pasti sudah teruji kualitasnya.

Tapi jangan tertipu, saat ini banyak beredar produk palsu dengan merek terkenal. Jangan mudah tergiur oleh harga yang sangat murah. Secara umum, merek yang sudah ternama harganya akan lebih mahal daripada merek yang masih asing.

Lebih baik beli yang sedikit lebih mahal tetapi kualitasnya sudah terjamin sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama dan tidak mudah rusak

 

5. Cek Fitur Keamanan Powerbank Yang Kamu Incar

Pastikan powerbank yang hendak kamu beli memiliki fitur “Short Circuit Protection”, yakni fitur proteksi yang mencegah terjadinya arus pendek pada powerbank atau gadget kamu.

Selain itu penting untuk memiliki “Over Charging Protection” dimana jika handphone sudah penuh terisi maka otomatis arus listrik yang akan dialirkan diputus otomatis.

Terakhir yang lebih lengkap adalah fitur “Temperature Protection”. Tujuannya menghindari panas yang berlebih saat pengisian daya sehingga batray handphone atau gadget kamu tetap aman.

 

6. Cek Garansi Produk

Cek garansi dari powerbank yang ingin kamu beli. Garansi yang bagus minimal 6 bulan atau 1 tahun. Pastikan itu garansi resmi bukan garansi toko atau personal. Banyak produk palsu dengan harga murah dengan memberikan garansi 1 tahun namun bukan garansi resmi.

 

7. Pastikan Punya Sertifiat CE dan FCC

Lolos pengujian kualitas sangat penting dalam memilih powerbank. Salah satu ciri powerbank terbaik dan berkualitas adalah punya sertifikat CE (European Standard) dan FCC (US Federal Communications Commission).

Dengan adanya sertifikat tersebut setidaknya bisa menjamin arus dayanya tidak akan merusak smartphone kamu.

 

8. Teknologi Proteksi Powerbank

Fitur “Circuit Protection” dan “Over Charging Protection” adalah fitur yang penting utnuk powerbank. Pastikan fitur itu ada sebelum kamu memutuskan untuk membelinya.

 

9. Punya Garansi Resmi

Garansi resmi langsung dari produsen adalah salah satu ciri powerbank dengan kualitas terbaik. Biasanya garansinya mulai dari 6 bulan sampai 1 tahun.

 

10. Pilih Sesuai Budget

Yang harus diperhatikan terakhir adalah kemampuak kantong kamu dalam membeli powerbank. Jika kamu punya budget lebih dari cukup, silakan pilih sesuai keinginan. Namun jika kamu memiliki budget pas-pasan masih banya merk powerbank berkualitas dengan harga terjangkau. Ada beberapa merk powerbank unggulan dengan harga katagori menegah kebawah.

,

 
Chat via Whatsapp